Mahasiswa mengobservasi secara kritis tanda dan simbol yang ada di ekosistem sekolah dan proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan
Banyak simbol penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan sebagai bentuk penguatan identitas Manusia Indonesia yang ada di sekolah. Di SMK N 2 Padang tempat saya , menunjukkan identitas Manusia Indonesia. Misalnya di setiap ruang kelas memiliki foto Garuda Pancasila yang dipasang di atas papan tulis bagian tengah dan disampingnya terdapat foto presiden dan wakil presiden yang menjabat saat ini. Ini merupakan salah satu bentuk sekolah menjunjung tinggi lambang negara yang digunakan sebagai tuntunan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Warga sekolah diingatkan bahwa Garuda Pancasila merupakan lambang negara sekaligus identitas kita sebagai warga negara Indonesia.
Di dinding-dinding kelas terdapat tempelan gambar pemangku agama dan tempat ibadah yang ada di Indonesia, pakaian adat daerah, rumah adat, senjata tradisional dan lain-lain. Ini merupakan salah satu bentuk pengenalan kepada peserta didik bahwa kita sebagai Manusia Indonesia memiliki keanekaragaman suku, adat, budaya, bahasa dan lain-lain. Membiasakan menyanyikan lagu nasional, salaman dengan bapak ibu guru setiap pagi diterapkan setiap hari pada saat di sekolah. Ini juga merupakan bentuk atau simbol yang menunjukkan bahwa Manusia Indonesia adalah orang yang sopan, santun, ramah, cinta tanah air dan lain-lain yangsudah dibiasakan kepada anak sejak kecil. Pembelajaran yang memberikan kebebasan peserta didik untuk berpendapat sesuai dengan nilai Pancasila sila ke-4. Hal ini juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum Merdeka yang menjunjung tinggi merdeka belajar.
Mahasiswa menuliskan secara kritis bagaimana penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada di sekolah menguatkan identitas manusia Indonesia
1. Sila Pertama:Ketuhanan Yang Maha Esa Mengandung makna bahwa bangsa Indonesia bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila antara lain:
- Berdoa sebelum dan sesudah belajar di kelas sesuai keyakinan masing-masing
- Menghormati dan menghargai teman yang berbeda agama dengan kita.
- Tidak mengganggu teman dari agama lain saat beribadah.
- Tidak memilih-milih teman karena agama yang berbeda.
- Saling rukun dengan sesama teman dan warga sekolah.
- Menghargai semua teman sebagai individu yang memiliki hak asasi manusia.
- Menghormati bapak pendidik yang mengajar di sekolah.
- Saling rukun dengan sesama teman dan warga sekolah.
- Menghargai semua teman sebagai individu yang memiliki hak asasi manusia.
- Menghormati bapak pendidik yang mengajar di sekolah.
- Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
- Bangga dan berani tampil sebagai pelaksana upacara bendera.
- Tidak membeda-bedakan teman dari manapun asalnya.
- Menghargai setiap budaya dan ciri khas dari masing-masing daerah.
- Tidak bersikap rasisme.
- Bangga terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.
- Mau mendengarkan pendapat pendidik, teman kelas, atau kelompok belajar.
- Menerima kritikan dari teman-teman kelompok
- Tidak menyela teman yang sedang berbicara tentang pendapatnya.
- Menghargai hasil musyawarah kelas atau kelompok.
- Tidak membeda-bedakan teman
- Menciptakan suasana kekeluargaan di kelas.
- Bekerja sama untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan kondusif.
- Bersikap adil dengan semua teman di sekolah.
- Menghormati hak masing-masing teman di kelas
- Melakukan kewajiban di sekolah dengan tanggung jawab.
Comments
Post a Comment